Mengenal Goa

Secara umum teknik penelusuran Goa tidak lain halnya dengan teknik Rock Climbing, hanya ruang dan medan serta penambahan beberapa personal equipment yang dibutuhkan. Goa dapat dibagi menjadi dua macam karakteristik yaitu ; horizontal cave dan vertical cave

Dikatakan horizontal cave apabila membentuk lorong memanjang secara horizontal, dapat berupa lorong sungai bawah tanah maupun lorong yang kering. Goa horizontal memiliki medan yang bervariasi, kadang ada medan yang berair yang biasanya berfungsi juga sebagai sungai bawah tanah yang berlumpur. Secara keseluruhan teknik penelusuran goa horizontal relatif lebih mudah dan tidak memerlukan banyak peralatan seperti pada penelusuran goa vertikal.

Sedangkan vertical cave yaitu goa yang mempunyai bentukan lorong relatif vertikal (tegak lurus terhadap bidang horizontal). Masing-masing bentukan lorong goa tersebut memiliki karakteristik tersendiri sehingga teknik dan manajemen serta kelengkapan personal equipment penelusurannya pun berbeda.

Standard Personal Equipment yang diperlukan antara lain :

Head set
Helm ini termasuk helm, head lamp / senter, lampu boom yang digunakan dalam penelusuran goa sebaiknya memiliki lapisan luar yang kokoh, dan memiliki shock resistance yang baik di bagian dalamnya, yang dapat dibuat dari webbing yang dianyam atau jaring-jaring. Perhatikan telinga sebaiknya tetap terbuka (jangan tertutup).

Overall / Wearpack
Disarankan berlengan panjang, tahan air dan cepat kering, untuk caving dikenal 2 jenis yaitu : oversuit dan undersuit. Oversuit berfungsi memberikan perlindungan pada kulit terhadap gesekan, gigitan binatang yang hidup dalam goa saat penelusuran goa ex : oversuit adalah Sud dan Styx, sedangkan undersuit lebih berfungsi untuk menjaga panas tubuh selain perlindungan terhadap bakteri ex : undersuit adalah Clima dan Burystretch.

Caving pack sack
Merupakan personal bag yang digunakan untuk mengepak perlengkapan dan peralatan, bahan makanan dan equipment lainnya..

Safety boot / gumboots
Perhatikan sepatu yang digunakan untuk faktor keamanan dan kenyamanan, ini sangat mempengaruhi karena kaki dapat mempengaruhi gerak aktifitas kita dalam penelusuran. Perioritas bahan yang diutamakan terbuat dari karet.

Peralatan tersebut merupakan peralatan minimal pribadi yang harus dimiliki oleh tiap penelusur goa horizontal. Untuk medan-medan tertentu saja harus dilengkapi dengan beberapa peralatan yang menunjang kegiatan penelusuran, yang paling utama adalah safety dan comfortable



Bagikan di facebook

0 komentar

Post a Comment