Trik pengaman multi pitch climbing

Salah satu dari pepatah pemanjat Alpin terbaik yaitu "Kecepatan adalah aman" nasihat berguna yang mengingatkan kita, semakin sedikit waktu kita habis pada jalur, semakin sedikit mungkin kita berlari dalam hujan badai, dalam kegelapan. Seperti halnya, bersenang-senang dan anda mempunyai kelebihan dalam hal yang tak diduga: tali yang terburai, jalur yang samar, atau lebih dari waktu yang diperkirakan. Tetapi suatu hal tentang memanjat dengan cepat itu adalah sesuatu yang tak perlu dalam hal memanjat ini lebih banyak tentang lakukan segalanya dengan efisien. Bila proses memanjat pada jalur multi-pitch, peralihan pengamanan sering menyita waktu lebih. Keberhasilannya adalah jka tim anda berada dalam sinkronisasi, dimana kedua pemanjat bekerja bersama untuk terus bergerak ke atas. Inilah trik untuk jalur ramping, ringan dan cepat, untuk pemanjatan multi-pitch climbing anda berikutnya:


Bawa sebuah Sling.

Sepatutnya setiap pemanjat membawa peralatan sendiri pada sling. bila anda merupakan pemanjat berikut, dengan hati-hati menempatkan kembali pengaman saat anda meng-clean jalur. kemudian pada saat di anchor, anda hanya perlu berhadapan dengan mendapatkan peralatan sisa dari leader sebelum mengatur pemberhentian. Tambahkan bonus: anda tidak harus berkompromi pada sling peralatan yang panjang dan gaya, penting jika anda berbeda perawakan. Tentu saja, seperti semua aturan baik, yang ini maksudnya menjadi patah. Jika anda menghitung maksimal anda, ini sering lebih efisien mencatolakan pengaman ke clip harness daripada ke menyusunnya dengan sebuah sistem.



Membuat sistematika.

Menyetujui sebuah sistem untuk pertukaran peralatan. sebagian orang meletakkan semua peralatan pada sebuah sling panjang, sementara lain lebih suka sedikit demi sedikit. Pilih sistem yang bekerja dan cocok dengannya. sementara anda menggunkan system ini, juga perbicangkan tentang bagaimana berhadapan dengan topo/peta pemanjatan - apakah anda mau mengganti ini kembali dan seterusnya? Bagaimanan seseorang menjaganya di keseluruhan waktu? - sebaik makanan dan air (katakan, ada di kantung kecil)







Berbagi dan berbagi sama.

Menukar alat dengan patner anda menghemat waktu dengan menghindari mengaitkan pemanjat kedua ke anchor. Trik ini bekerja baik jika anda mem-belay pemanjat kedua kamu dengan self-locking device (Reverso, ATC Guide, madlock, dan lainnya. ). bila pemanjat kedua mencapai titik berhenti, ikat tali rem dengan sebuah simpul overhand on a bight (cantolkan ini ke anchor point atau back up dengan carabiner jika anda mau) sementara ia menyusun kembali peralatan ke sling, raih alat belay-nya dan letakkan dia pada tali pemanjat yang ada pada loop pengaman pada harness anda. sekarang anda dapat memasang ulang alat belay asli pada anchor - tetapi berikan ini ke partner anda sebelum dia berhenti!







Diam adalah Emas.

Ini adalah mencoba bercakap-cakap pada titik henti, tetapi anda membakar waktu berharga memberikan serangan demi serangan hitungan crux yang anda tinggal buka kuncinya. Dapatkan gerakan: "simpan obrolan untuk turun" - atau nanti di palang.










Tumpukan semuanya.

Dengan hati-hati tumpukkan tali saat anda dibelay. ini terdengar jelas, tetapi kadang-kadang bila anda bergerak dengan cepat, anda berakhir sepeerti sesuatu kesibukan yang perlu perhatian lebih. jika anda harus menggantung harness anda, sebuah sling, atau kaki, buat mereka selama mungkin leluasa dan diangin-anginkan - lebih sedikit gulungan membuat ini lebih mudah menghindari kusut. Juga, pendekkan setiap urutan gulungan menghindari penamban loop saat anda memberikan keluluasan pergerakan pada pitch selanjutnya. Tergantung dari ukuran penumpukan, saya suka memendekkan setiap gulungan dengan 6 sampai 8 inchi - itu cukup panjang hingga setiap loop secara mudah dikenali.











Bubuhi.

Diperlukan dua tali untuk turun? satu solusinya adalah memanjat dengan twins atau double rope, tetapi jika anda tidak menggunakannya, mereka dapat diperlukan dengan sedikit usaha. Sebuah alternatifnya adalah punya jejak leader sebuah tali tagline tipis (7.5 sampai sekitar 8mm). sekali dia berhenti, dia menarik yang tagline yang tersisa sebelum dia menggulung pada jalur leading. Dengan cara ini, jika tagline terurai, yang kedua dapat digunakan. Ditambah, jika leader memerlukan beberapa peralatan atau ransel peralatan, tali kedua dapat dikaitkan ke tagline untuk mempermudah proses hauling.








Aturan Lima Menit.

Trik ini adalah trik dari Big Wall Climbing. Pada pitch aid climbing yang panjang, leader akan berteriak "lima menit! " bila dia kurang dari 10 menit menuju titik belaying. Ini membiarkan belayer beralih ke cara kedua – memakai sepatu kembali, mengkemas beberapa makanan atau air, dan lain-lain. Meskipun biasanya tak perlu berteriak "lima menit! " pada pitch yang bebas dan lebih pendek bila leader sudah kelihatan, belayer harus mengarahkan segalanya sebelum leader mencapai perhentian berikut (sementara terus waspada, tentu saja).




Mountaineering points


Bagikan di facebook

0 komentar

Post a Comment