Jalur Ayak-Ayak di Gunung Semeru

Jalur ini dapat ditempuh dari pos Ranupane ke arah kanan, ambil jalan naik dengan jalur beton untuk truk pengangkat sayur. Sedikit susah memang, dari start ikuti jalan sampai bertemu dengan simpang 4, ambil jalan kecil yang serong ke kiri setelah itu bertemu dengan pertigaan lalu belok kiri. Terus ikuti sampai bertemu dengan pertigaan lagi, jangan jalan terus ke arah yang turun namun ambil kiri sampai bertemu dengan pertigaan lagi lalu ambil kanan.

Nah setelah melewati itu semua kita berada di batas hutan. Perjalan tersebut memerlukan estimasi waktu sekitar 30 menit. Setelah itu ikuti jalan setapak, jalan yang menanjak akan mengurangi stamina tetap atur pengeluaran air dan atur tempo ya. Lanjutkan perjalanan sampai di puncak ayak-ayak atau yang biasa disebut panggonan cilik, dari sini semeru summit dapat terlihat.

Setelah bersusah-susah naik kita akan turun, turunan tajam harap berhati-hati. Disepanjang perjalanan dari panggonan cilik menuju ranukumbolo kita disuguhi padang savanna yang memanjakan mata.

padang savanna berakhir dan anda akan disuguhi oase yang menyejukkan hati yaitu sebuah danau di antara padang savanna di atas gunung yaitu Ranukumbolo. Estimasi perjalanan ke Ranukumbolo via jalur gunung ayak-ayak adalah sekitar 2 sampai 3 jam.