Pantai Jonggring Saloko, Malang


Mungkin nama Pantai Jonggring Saloko terdengar asing di telinga Anda tidak setenar nama Kawah Jonggring Saloko Gunung Semeru, namun keindahan pantai yang memiliki pasir coklat bersih dan karang-karang laut yang menakjubkan membuat salah satu lokasi wisata pantai Indonesia ini wajib dikunjungi ketika berkunjung ke kota Malang, Jawa Timur. Pantai ini tepatnya terletak di Desa Mentraman, kalau dari kota Malang berjarak sekitar 69 km.

Untuk menuju ke sana sebaiknya kita menggunakan sepeda motor karena untuk mencapai lokasi pantai Malang ini jalanannya tergolong cukup sulit, berbatu dan bila hujan akan terdapat beberapa genangan lumpur. Sesampainya di Desa Mentraman, kita masih harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan jalan yang berbatu untuk mencapai lokasi Pantai Jonggring Saloko.

Walaupun jalan menuju ke salah satu pantai Indonesia ini cukup sulit, semuanya akan terbayar dengan tuntas saat kita mencapai lokasi Pantai Jonggring Saloko. Keindahan salah satu lokasi pantai Indonesia ini tidak kalah dengan keindahan pantai-pantai lainnya yang ada di nusantara. Selain bisa menikmati Eksotisme Pantai Jonggring Saloko dan indahnya sunset saat sore hari, kita juga bisa menikmati beberapa fenomena alam yang menarik di pantai ini, salah satunya Watu Ngebrosss.


Watu Ngebross yang terdapat di sisi sebelah kanan Pantai Jonggring Saloko adalah air laut yang terlihat seperti tertelan ke dalam karang yang menyerupai gua. Saat air laut naik dan menyembur ke atas maka kita akan mendengar suara ‘brosss’. Anda pasti akan takjub melihatnya. Selain Watu Ngebrosss, fenomena alam menarik lainnya di pantai ini adalah Cob Belut, yang merupakan fenomena alam dimana ombak yang datang ke pinggir pantai akan terhisap ke dalam sebuah lubang, kemudian lubang tersebut akan memuntahkan kembali air laut yang tadi terhisap, seperti yang terlihat di gambar di bawah ini.



sumber: yukpegi


Bagikan di facebook

1 komentar

Halimatus S.

wah, wajib kesini nih... keren.
di sini yang keren ini nih http://duniawisataku.com/ :)

Post a Comment