Pantai Plengkung (G-Land)

Pantai Plengkung atau biasa disebut G-Land oleh turis mancanegara  adalah Surga Tersembunyi di Banyuwangi - Pernah dengar G-Land? Jika belum ya wajar saja, karena nama G-Land memang sangat jarang disebut di media maupun dibicarakan orang awam. Namun buat mereka yang hobi berselancar maka nama G-Land yang terletak di Banyuwangi ini bakal tidak asing di telinga. Ya, G-Land yang oleh masyarakat sekitar disebut juga Pantai Plengkung merupakan satu dari 7 tempat surfing terbaik di dunia. Para peselancar kelas dunia memang menganggap G-Land sebagai The Seven Giant Waves Wonder. Lokasi G-Land yang langsung menghadap samudra Hindia mendukung tercitanya gelombang yang ideal bagi para peselancar.

G-Land menawarkan ombak besar dan panjang yang selalu diimpikan para peselancar. Ketinggian ombak di pantai ini mencapai 6-8 meter, sementara panjangnya bisa mencapai 2 km. Wow, luar biasa! Tak herang jika G-Land ini sempat terpilih menjadi tempat diadakannya lomba selancar internasional Quicksilver Pro Surfing Championship pada tahun ’95, ’96, dan ’97.


Lokasi G-Land
Dimanakah tepatnya letak pantai Plengkung atau G-Land ini? G-Land ternyata berada di dalam kawasan Taman Nasional Alas Purwo. Untuk mencapai lokasi ini mungkin sedikit lebih sulit dibanding kebanyakan tempat wisata lain yang sudah terkenal. Jika Anda menggunakan angkutan umum dari Banyuwangi, naiklah bus arah Kalipahit (sekitar 60 km), dan dilanjutkan naik Ojek ke arah Pasar Anyar (4 km). Dari situ Anda bisa menumpang mobil pick-up ke Pos Pancur yang jaraknya lumayan jauh (15 km). Dari pos Pancur ini G-Land hanya berjarak 8 km saja. Alternatif lainnya adalah menggunakan mobil pribadi, mobil sewaan atau menggunakan helikopter. Di G-land sudah ada Heli-pad untuk pendaratannya.


Walaupun perjalanan menuju G-Land butuh sedikit perjuangan, namun fasilitas yang ada di G-Land ternyata cukup lengkap. Anda bisa menemui Bar, restoran, bungalow, Jungle Camp, dan fasilitas kecil lain seperti penyewaan papan selancar. Tapi jangan heran kalo tarif yang dikenakan adalah dalam bentuk Dollar, karena mamang kebanyakan yang memanfaatkan fasilitas-fasilitas di atas adalah para turis asing.

Penamaan G-Land
Mungkin sebagian dari Anda bertanya-tanya, kanapa pantai Plengkung ini disebut juga dengan nama G-Land? Jawabannya ternyata ada 3. Pertama huruf G diambil dari nama teluk Grajagan. Kedua diambil dari kata Green karena letaknya di tepi hutan tropis yang hijau, dan ketiga diambil dari kata Great karena ombaknya yang begitu besar dan panjang. Penamaan G-Land juga terasa lebih praktis bagi turis asing yang kebetulan mendominasi kunjungan wisata ke tempat ini.

Bagi peselancar, waktu terbaik mengunjungi G-Land di Banyuwangi adalah bulan Juli hingga September. Pada bulan-bulan ini adalah musim kemarau dan tidak banyak hujan turun. Selain itu ombak di G-Land juga sedang bagus-bagusnya. Ombak di pantai ini dibagi menjadi 3 tingkatan yaitu Kong Waves (tinggi ombak mencapai 6-8 meter), Speedis Waves (5-6 m), dan Many Track Waves (3-4 m). ombak tingkat terakhir (many track) biasanya digunakan para peselancar pemula untuk mengasah skill mereka.

Obyek Wisata G-Land
G-Land tidak hanya melulu tentang selancar. Masih banyak obyek wisata lain yang bisa dinikmati di sini. Masih banyak eksotisme pantai khas Indonesia yang bisa dinikmati. Anda bisa menikmati panorama alam Taman Nasional Alas Purwo yang menakjubkan, plus berbagai macam habitat yang menghuninya. Pemandangan panti G-Land juga tidak kalah menawan. Momen matahari terbenam alias Sunset di pantai ini tidak kalah menawan di banding pantai-pantai Bali. Momen ini pun menjadi salah satu momen yang paling ditunggu oleh para turis.

Berbagai kegiatan menarik juga bisa dilakukan di G-Land. Anda bisa taracking menyusuri taman nasional menggunakan sepeda, snorkling, diving, caving, atau sekedar mancing. Kamu juga bisa melihat penangkaran penyu di sana. G-Land juga merupakan tempat yang cocok bagi para penggemar fotografi karena alamnya yang sangat indah.




Buat para pecinta caving yang senang menelusuri gua-gua, TN Alas Purwo menyediakan banyak sekali gua-gua indah. Salah satu yang terkenal adalah Goa Istana yang penuh dengan stalaktit dan stalakmit indah.

Sayangnya saat ini G-Land hanya terkenal di kalangan pecinta surfing dan adventure dari mancanegara, terutama dari Amerika, Australia dan Brasil. Sedangkan turis lokal dari Indonesia yang tertarik ke tampat ini masih sangat sedikit.



FILE PDF

Bagikan di facebook

0 komentar

Post a Comment