Cara Primitif Membuat Api di Alam Liar

Cara membuat api di alam liar memang cukup penting. Di alam liar, setiap orang harus mengerti ketrampilan membuat api khususnya untuk bertahan hidup sekaligus untuk membuat sinyal darurat. Anda tidak pernah tau kapan anda ada di dalam kondisi dimana api sangat dibutuhkan, namun tidak ada korek api. Dalam situasi survival ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuat api.

Membuat api yang paling utama adalah sumbu. Yang dimaksud disini adalah rumput dan daun kering yang bisa memicu api. Berikut metode yang bisa digunakan untuk membuat api di alam liar:

1. Hand Drill

Metode ini tergolong primitif karena hanya menggunakan kayu poros yang diputar dengan tangan kosong. Yang dibutuhkan adalah kayu kering yang panjang sebagai poros, papan kayu sebagai alas dan sumbu.
Buat titik yang besarnya sama dengan kayu poros dan potong tepinya seperti huruf V agar serbuk api jatuh ke sumbu. Letakkan sumbu di bawah papan alas, kemudian putarlah kayu poros dengan tangan hingga terbentuk api.




2. Bow Drill

Sesuai namanya, busur memang dibutuhkan untuk membuat api dengan teknik bow drill. Anda perlu membuat alat semacam busur untuk memutar kayu poros. Gunakan kayu yang segar agar kulitnya bisa dugunakan sebagai tali busur. Caranya sama dengan metode Hand Drill. Pasang kayu poros di busur dan putarlah di atas alas.





3. Fire Plough

Berbeda dengan drill, keyu poros pada metode ini tidak diputar namun digesekkan kedepan dan belakang hingga ada serbuk kayu yang terbakar. Buat lekukan panjang pada alas kayu sebagai tempat gesekan serbuk kayu.






4. Metode Gesekan

Teknik ini sudah cukup modern. Yang diperlukan adalah baja, batu api dan char cloth (arang kain). Arang kain bisa dibuat dengan memasukkan kain perca di dalam kaleng besi yang sudah dilubangi, kemudian dibakar.

Cara membuat api adalah letakkan arang kain di atas batu api dan gesekkan dengan baja. Percikan api akan membakar arang kain, kemudian letakkan pada sumbu agar api menyala.





Itu adalah beberapa metode untuk membuat api dalam kondisi survival. Selain pengetahuan tentang alat dan bahan tersebut, diperlukan juga kreatifitas untuk bisa menciptakan api lebih cepat. Selamat Berpetualang!.

Bagikan di facebook

0 komentar

Post a Comment