Kiat Untuk Tetap Hangat dalam Cuaca Dingin Alam Liar

Berurusan dengan cuaca dingin merupakan masalah yang harus dihadapi oleh para pecinta alam khususnya pendaki gunung ketika berapa di ketinggian tertetu. Dalam kondisi survival, menangani cuaca dingin merupakan kunci untuk menjaga kelangsungan hidup.



Cuaca Dingin
Sedikit pengetahuan, perencanaan dan peralatan yang baik akan memungkinkan untuk bertahan pada cuaca dingin. Selama kondisi cuaca basah dan dingin, anda akan menghadapi ancaman ganda yaitu melindungi diri dari tanah basah dan dari pembekuan aliran darah pada tubuh.

Angin dingin ditambah dengan angin kencang akan lebih cepat menguras panas dalam tubuh. Beberapa hal dasar yang harus dilakukan dalam cuaca dingin adalah selalu menjaga kepala tetap tertutup.

Banyak panas yang bisa hilang melalui kepala terutama jika anda dalam kondisi tanpa rambut atau gundul. Kepala adalah radiator yang memiliki banyak aliran darah tapi memiliki sedikit lemak untuk isolasi. Alangkah lebih baik jika lindungi bagian leher, pergelangan tangan dan pergelangan kaki. Duduk di samping orang lain dan makan makanan berlemak juga akan menjaga panas dalam tubuh.

Berikut adalah kiat untuk tetap hangat dalam cuaca dingin:
  • Menjaga Pakaian Tetap Bersih, pakaian adalah tempat isolasi. Mencemari pakaian bisa mengurangi nilai isolasi mereka. 
  • Hindari Berkeringat, jika terlalu panas dan lelah, anda akan berkeringat. Ketika air menguap, molekul panas akan hilang dan meninggalkan molekul dingin. Ini seperti sebuah AC. Membuat tubuh anda seperti AC dapat membunuh dalam situasi survival.
  • Kenakan Pakaian Longgar dan Berlapis, selain untuk tubuh, ini berlaku untuk kaki. Menggunakan pakaian ketat akan membatasi sirkulasi darah. Tubuh manusia perlu sirkulasi yang baik untuk menjaga tetap hangat. Kaki dan tangan tidak menghasilkan banyak panas karena sebagian panas berasal dari otot-otot besar dan pakaian ketat menghalangi jumlah udara yang bertindak sebagai isolasi.
  • Jaga Pakaian Tetap Kering, di suhu dingin, pakaian bisa menjadi basah karena keringat dan cuaca luar. Jika pakaian tidak anti air maka bisa menjadi basah karena hujan maupun embun. Menggantung pakaian basah di bawah sinar matahari adalah metode pengeringan yang sangat baik. Matahari dan angin bisa membuat pakaian lekas kering. Anda juga bisa menggantung pakaian di dekat api karena pengeringan akan lebih cepat.
Selain pakaian, jagalah kantong tidur agar tetap kering dan bersih. Jangan menempatkan kantong tidur langsung di tanah yang lembab karena tidur nyenyak akan berubah menjadi perjuangan untuk bertahan hidup. Gunakan alas, luangkan waktu untuk mempersiapkan alas daun untuk menjaga kantong tidur dari tanah yang dingin dan basah.

Setelah mengetahui beberapa kiat diatas, anda bisa menjaga tubuh tetap hangat ketika tidur dengan tips berikut :
  • Lindungi kepala dengan topi hangat. 
  • Gunakan mantel sebagai lapisan di atas kantong tidur (sleeping bag). 
  • Gunakan kaus kaki yang bersih dan kering. 
  • Tambahkan lapisan pakaian kering dan bersih 
  • Minum sesuatu yang hangat. 
  • Makanlah sesuatu seperti cemilan. 
  • Buang air kecil - Tubuh menggunakan energi untuk menjaga cairan hangat dalam tubuh. 
  • Rilekskan otot-otot. 
  • Pastikan tidak ada angin yang masuk. 
Kondisi di alam bebas yang tidak menentu akan menjadi tantangan bagi para pecinta alam. Kondisi cuaca dingin alah kondisi dimana yang paling perlu diperhatikan untuk mencegah timbulnya hypotermia yang bisa mengakibatkan kematian.

Selamat Berpetualang !

Bagikan di facebook

0 komentar

Post a Comment