Coban Sumber Pitu di Pujon Kidul

Sudah sering ke Malang dan melihat beberapa air terjun atau coban, lalu merasa sudah kenal banget Malang dan bosan ke kota itu lagi?... Jangan mengaku sudah menjelajah Malang kalau belum ke Coban Sumber Pitu atau air terjun tujuh sumber. Memang terdapat tujuh air terjun di kawasan indah itu.

Air Terjun atau Coban Sumber Pitu Pujon ini tepatnya berada di desa Tulung Rejo, Kec. Pujon Kidul Kab. Malang. Untuk menuju Air Terjun Sumber Pitu ini dari kota Malang kita bisa menuju arah Batu, kemudian baru di lanjut menuju Kecamatan Pujon kidul.

Pujon Kidul sendiri tepatnya di sebelah kiri persis Gapura masuk Coban Rondo, disebelah Gapura tersebut akan ada perempatan kecil menuju Pujon kidul, Anda masuk saja jalan tersebut kira-kira sekitar 3 km, nanti di kiri jalan akan ada petunjuk menuju desa Tulungrejo, ikuti jalan tersebut sampai mentok kemudian belok kanan sampai menemukan jalan yang masih berupa tanah yang biasa digunakan untuk offroad, ikuti jalan offroad tersebut sampai nanti bertemu sebuah tanah lapang yang cukup luas  yang banyak ditumbuhi pohon pinus, di situ Anda berhenti dan memarkir kendaraan.

Setelah memarkir kendaraan, cari jalan tanah yang konturnya paling menanjak, tepatnya sebelah kiri jalan. Perkiraan waktu tempuh antara 2-3 jam, tergantung fisik, setelah melewati trek tersebut ada air terjun yang oleh warga sekitar disebut juga Coban Papat, jika sudah sampai di sini berati perjalanan sudah mendekati Sumber Pitu, tinggal naik sedikit lagi dan sampai, tetap berhati-hati karena medan cukup lumayan, setelah melalui medan yang bisa di katakan cukup berat, Anda akan segera sampai di Coban Sumber Pitu Pujon, perjuangan Anda pasti terbayar lunas dengan melihat keindahan ciptaan Sang Khaliq ini.







Penting!!!
Untuk berkunjung ke Sumber Pitu, wajib hukumnya membawa pulang kembali sampah-sampah yang kita bawa sebelumnya.

Coban Sumber Pitu (source image: Backpacker Indonesia)


Bagikan di facebook